Sistem Pembelajaran Daring

Sistem Pembelajaran Daring di SMPN2 Tigaraksa berjalan dengan baik dan lancar

smpn2

Dampak dari covid 19 tidak menyurutkan civitas akademik SMPN 2 Tigaraksa untuk selalu mendidik dan mengajar para siswa untuk selalu berprestasi. Huru-hara yang melanda di belahan dunia bahkan seluruh dunia khususnya di Indonesia menjadikan seluruh aktivitas masyarakat akan terganggu karena sistem kehidupan menjadi tidak stabil. Baik sistem kehidupan, ekonomi, sosial, budaya bahkan dalam dunia pendidikan. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan pola kehidupan yang ada di masyarakat.

SMPN 2 Tigaraksa menyikapi gejolak alam yang melanda di wilayah Indonesia khususnya di Kab. Tangerang terus berupaya untuk melangsungkan pembelajaran dalam situasi yang yang darurat ini, maka terus berinovasi untuk selalu mendidik para siswanya agar tetap belajar. Ketika pemerintah memutuskan seluruh pembelajaran an dialihkan belajar dari rumah maka SMPN 2 Tigaraksa memilih pembelajaran melalui online atau daring. Pembelajaran ini diterapkan untuk menjaga kelangsungan sistem KBM disaat menyikapi keadaan yang darurat sehingga walaupun para siswa dan guru berada di lingkungan rumah pembelajaran masih tetap berlangsung.

Sejak tanggal 21 Sep hingga 26 Sep 2020 SMPN 2 Tigaraksa mengadakan PTS dan PAS melalui online atau daring. Panitia ujian yang terdiri dari para teknisi maupun ahli IT menjadikan sutradara dalam sistem pembelajaran daring di SMPN 2 Tigaraksa. Kemudian dari seluruh staf pimpinan sesuai dengan bidangnya masing-masing mengkoordinir sistem pembelajaran. Dalam hal ini panitia akan melibatkan seluruh wali kelas untuk bekerjasama menyampaikan atau menyalurkan materi ujian hingga sampai siswa kemudian hasil ujian juga melalui wali kelas dikumpulkan melalui online. Peran wali kelas sangat menentukan untuk mendistribusikan seluruh materi yang diujikan hingga hasil materi yang diujikan dikembalikan lagi ke panitia untuk di rekap penilaiannya.kemudian hasil dari rekapan dikembalikan lagi ke wali kelas untuk diolah menjadi nilai raport. Semua kegiatan ini dilakukan melalui online atau daring.

SMPN 2 Tigaraksa tidak merasa kesulitan dalam menyikapi keadaan darurat Hal ini karena sistem pembelajaran online telah dilaksanakan beberapa tahun silam sebelum adanya covid 19. Mulai dari siswa, para guru, pimpinan (pendidik dan staf kependidikan) di SMPN 2 Tigaraksa sudah diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam bidang IT sehingga tidak sulit bagi seluruh civitas akademik di SMPN 2 Tigaraksa. Dengan demikian ketika pemerintah mencanangkan untuk menangkal virus korona dengan salah satu rangkaian kata "di rumah saja". Seluruh kegiatan pembelajaran masih tetap berlangsung dari rumah masing-masing.

Selain itu SMPN 2 Tigaraksa juga mengadakan PTS dan PAS di sekolah bagi siswa yg tidak memiliki hp dengan mengikuti protokoler Covid 19 ini tentunya. Tutur para guru SMPN 2 Tigaraksa kepada tapen-news beberapa waktu yang lalu.


Return - BERITA UPDATE
Sep 27, 2020 Category: BERITA UPDATE Posted by: redaksi2
Halaman berikutnya: Bank Berita